transcosmos, bersama EbuAction, telah merilis permainan “SHIBUYA CITY BOSS FIGHT” di Fortnite, sebuah platform permainan metaverse populer yang menyasar generasi muda dan pengunjung mancanegara. Permainan ini merupakan bagian dari proyek bersama mereka, “SHIBUYA Good Manner Challenge feat. Fortnite,” yang mendukung “Shibuya Good Manner Project” (Versi Tanpa Terjemahan : https://shibuya-good-manner.com/) yang dijalankan oleh Future Design Shibuya General Incorporated Association—sebuah gerakan untuk menjadikan Distrik Shibuya sebagai kota yang aman dan nyaman. Permainan ini telah menarik banyak pemain, dan kini, empat bulan setelah diluncurkan, jumlah total permainan telah melampaui 102.000 kali dengan total 650.000 tayangan (page views) di seluruh konten media sosial terkait.

■ Latar belakang
Perilaku yang mengganggu seperti minum-minum di jalan, merokok, dan membuang sampah sembarangan merupakan masalah sosial di distrik Shibuya. Untuk mengatasi masalah ini, Future Design Shibuya meluncurkan "Shibuya Good Manner Project", dan mengerjakan berbagai kegiatan dalam kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan. Untuk mengedukasi tata krama kepada anak muda dan pengunjung luar negeri melalui game, transcosmos, bersama dengan EbuAction, menjalankan berbagai kampanye menggunakan Fortnite, seperti menerbitkan konten unik, menawarkan pengalaman di acara olahraga dan hiburan, mengadakan hackathon, mengadakan acara kolaborasi dengan para livestreamer game, dan masih banyak lagi. Melalui kampanye-kampanye ini, transcosmos bertujuan tidak hanya untuk membuat target penonton menikmati pengalaman bermain game, tetapi juga menjadi sadar akan kota tempat mereka berada.

■ Hasil

1. Jumlah total permainan mencapai 102.000 kali dalam empat bulan. Permainan ini berhasil melampaui hambatan bahasa dan menarik pemain dari seluruh dunia, tidak hanya dari kalangan generasi muda.

  • Dengan 45.000 permainan tercatat pada konten utama, total waktu bermain mencapai 14.000 jam, dengan rata-rata waktu bermain selama 21 menit. Pemain dari Amerika Serikat dan Eropa secara khusus aktif bermain pada tengah malam hingga dini hari, yang turut mendorong peningkatan jumlah permainan.
  • Sebanyak 19 judul game telah dirilis dalam proyek Hackathon dengan tema pemecahan masalah sosial di Shibuya, seperti pembuangan sampah sembarangan. Proyek ini menghasilkan 19.000 jam pengalaman pengguna, dengan jumlah permainan mencapai 57.000 kali.

Sebanyak 19 judul game diterbitkan untuk proyek Hackathon dengan tema penyelesaian masalah sosial Shibuya seperti membuang sampah sembarangan.

2. 43% generasi muda menunjukkan perubahan pola pikir untuk berhenti membuang sampah sembarangan

  • Pada acara olahraga dan komunitas, transcosmos mendirikan stan PR untuk "SHIBUYA Good Manner Project", dan menawarkan sesi bagi para pengunjung untuk merasakan pengalaman "SHIBUYA Good Manner Challenge feat. Fortnite".
  • 43% pemain muda mengatakan “kita tidak boleh membuang sampah sembarangan” dalam survei pasca-acara, mengungkapkan bahwa pengalaman bermain game meningkatkan kesadaran tentang perilaku yang baik.

Hasil survei

3. Siaran Langsung Game di YouTube Melebihi 650.000 Tayangan

  • 10 influencer dengan lebih dari 3,5 juta pengikut terdaftar melakukan siaran langsung gameplay mereka untuk proyek ini, dan mencatatkan lebih dari 650.000 tayangan (PV). Hal ini secara signifikan menyebarkan pengalaman bermain game dan meningkatkan kesadaran tentang pembuangan sampah sembarangan.
  • Contoh influencer yang berkolaborasi: ZELLFY.
    @ZELLFY channel URL (versi tanpa terjemahan): https://www.youtube.com/watch?v=WVaZYbPyl4Y

ZELLFY

Temukan influencer lain di sini: https://shibuya-good-manner.com/fortnite/news/238/

■ Gambaran Umum Game

Judul Game SHIBUYA CITY BOSS FIGHT
Island Code 5213-7689-0580
Platform Fortnite
Event website https://shibuya-good-manner.com/fortnite

*Game ini tidak disponsori, disetujui, atau dikelola oleh Epic Games, Inc. Game ini adalah konten game Fortnite yang independen.

Masih banyak lagi yang akan datang dalam proyek ini. Perusahaan dan organisasi yang tertarik untuk berkolaborasi dengan transcosmos, silakan hubungi kami.
transcosmos juga menawarkan pemasaran berbasis pengalaman baru yang didukung oleh Fortnite dan Roblox yang menargetkan generasi muda dan pengguna di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di bawah ini.
Kontak transcosmos: https://www.trans-plus.jp/cotra/metaverse_contact

◆Tentang Fortnite
Dengan lebih dari 500 juta akun terdaftar di seluruh dunia, Fortnite adalah platform global di mana para pemain menciptakan pengalaman mereka sendiri atau bergabung dalam Battle Royale yang ikonik dan Zero Build yang penuh aksi. Fortnite adalah ruang yang terus berkembang di mana budaya hidup dan para pemain dapat menciptakan, menonton, dan bermain bersama komunitas global dengan teman-teman. Pada tahun 2025, Fortnite berkolaborasi dengan pemain bisbol liga utama, Shohei Otani, yang menarik perhatian di seluruh dunia.

◆Tentang Future Design Shibuya
Nama perusahaan: Future Design Shibuya General Incorporated
Wilayah: 9F, Shibuya PARCO, 15-1, Udagawa-cho, Shibuya-ku, Tokyo 150-0042 Japan
Bisnis: Berdasarkan keragaman dan inklusi, Future Design Shibuya mengumpulkan ide dan bakat dari berbagai orang yang berkumpul di Shibuya, seperti orang yang tinggal di Shibuya, pekerja, pelajar, pengunjung, dll., di berbagai bidang, dan melalui inovasi terbuka, masyarakat. Ini adalah organisasi kemitraan industri-pemerintah-akademisi-swasta berskala penuh yang merancang solusi dan kemungkinan untuk berbagai masalah.
URL: https://fds.or.jp/en/ 

◆Tentang EbuAction, inc.
Nama perusahaan: EbuAction, inc.
Wilayah: 2-10-34, Kami-Osaki, Shinagawa-Ku, Tokyo 141-0021, Japan
Bisnis: Menyediakan layanan bagi bisnis untuk menawarkan solusi pada platform metaverse termasuk Fortnite dan Roblox. Bekerja sama dengan BORDER, sebuah studio produksi metaverse, dengan NEIGHBOR Co, Ltd.
URL (versi tanpa terjemahan): https://ebuaction.com

Halaman terkait

* transcosmos adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari transcosmos inc. di Jepang dan negara lain.
* Nama perusahaan dan nama produk atau layanan lain yang digunakan di sini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari masing-masing perusahaan.

Tentang transcosmos inc.
transcosmos meluncurkan operasinya pada tahun 1966. Sejak saat itu, kami telah menggabungkan “sumber daya” yang unggul dengan “teknologi” terkini untuk meningkatkan kekuatan kompetitif klien kami dengan menyediakan layanan yang unggul dan berharga bagi mereka. transcosmos saat ini menawarkan layanan yang mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada ekspansi penjualan dan optimalisasi biaya melalui 182 kantor cabang kami di 36 negara/kawasan dengan fokus di Asia, sambil terus mengejar Keunggulan Operasional. Selain itu, mengikuti perkembangan pasar e-commerce dalam skala global, transcosmos menyediakan Layanan E-Commerce Global Satu Atap yang komprehensif untuk memberikan produk dan layanan terbaik klien kami kepada konsumen di 46 negara/kawasan di seluruh dunia. transcosmos bertujuan untuk menjadi “Mitra Transformasi Digital Global” dari klien kami, mendukung transformasi klien dengan memanfaatkan teknologi digital, dalam menanggapi lingkungan bisnis yang terus berubah. Kunjungi kami di sini https://www.trans-cosmos.co.jp/english/