*Gambar diatas diambil Kembali dari website resmi IPA
transcosmos dengan bangga menginformasikan bahwa mereka telah memproduksi sebuah video kampanye untuk meningkatkan kesadaran terkait IT Security Award 2024 yang diselenggarakan oleh Information-technology Promotion Agency, Japan (IPA) serta Cyber Security Awareness stickers.
Risiko digital telah muncul sebagai isu sosial yang signifikan karena dampak negatif dari kebocoran informasi, seperti pelanggaran data pribadi akibat akses ilegal dan berbagai kejahatan siber lainnya, yang semakin serius dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, sistem yang sudah tua dan rumit sangat rentan terhadap kemungkinan serangan siber. Sistem tersebut menghalangi kemajuan transformasi digital masyarakat dan meningkatkan ancaman terhadap keamanan. Berdasarkan laporan digital transformation (DX) dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, jika Jepang tidak dapat mengatasi isu sosial ini akibat kurangnya profesional yang mampu mengelola dan merawat sistem kuno, PDB diperkirakan akan lebih rendah dari seharusnya, mencapai penurunan hingga 12 triliun yen setiap tahun setelah tahun 2025. (*1 Sumber: DX Report: Overcoming ‘2025 Digital Cliff’ Involving IT Systems and Full-fledged Development of Efforts for DX (tidak ada terjemahan tersedia) yang dikeluarkan oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang).
Melihat hal tersebut, pemerintah Jepang telah menjadikan keamanan informasi dan keamanan siber sebagai masalah sosial yang menjadi prioritas utama bagi pemerintah. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah menetapkan komitmen untuk meningkatkan R&D, mengembangkan dan mengamankan tenaga ahli IT, serta meningkatkan kesadaran keamanan siber dari perspektif lintas sektor dan jangka menengah hingga jangka panjang dalam Strategi Keamanan Siber. (*2 Sumber: Cybersecurity Strategy oleh National center of Incident readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC)).
Dengan latar belakang ini, transcosmos menyadari kesulitan dalam mengamankan dan mengembangkan talenta IT generasi mendatang yang harus menangani keamanan informasi dan keamanan siber. Oleh karena itu, transcosmos mendukung aktivitas IPA untuk mengomunikasikan pentingnya keamanan informasi dan keamanan siber kepada masyarakat luas, dan meningkatkan kesadaran sosial terhadap masalah ini melalui video animasi dan stiker yang dibuat perusahaan untuk IPA’s IT Security Award 2024.
transcosmos akan melaksanakan berbagai kegiatan terkait keamanan informasi dan keamanan siber dengan meningkatkan kesadaran di kalangan anak-anak—generasi berbakat berikutnya yang akan menempa masa depan keamanan informasi dan keamanan siber. Melalui berbagai kegiatan ini, perusahaan tidak hanya akan membantu masyarakat meningkatkan kesadaran akan keamanan informasi, tetapi juga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat digital yang lebih aman.
IT Security Award 2024 merupakan kompetisi seni yang diadakan oleh IPA. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan mengembangkan ketertarikan terhadap keamanan informasi. IPA mengundang anak-anak dan pelajar dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, serta lembaga pendidikan lainnya di seluruh Jepang untuk mengirimkan karya seni dengan tema keamanan informasi. Karya seni yang terpilih sebagai pemenang akan digunakan dalam kampanye nasional untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan informasi yang diusung oleh IPA. Pendaftaran untuk mengikuti kompetisi ini dibuka mulai hari Kamis, 1 Agustus hingga pukul 12 siang pada hari Senin, 9 September 2024 (sesuai rencana saat ini).
Situs web resmi IPA 2024 IT Security Award (tidak ada terjemahan tersedia) : https://www.ipa.go.jp/security/contest/index.html
*1: https://www.meti.go.jp/shingikai/mono_info_service/digital_transformation/20180907_report.html
*2: https://www.nisc.go.jp/policy/materials/index.html
■Video animasi dibuat oleh transcosmos.

- Mempersembahkan karya seni pemenang penghargaan tahun 2023 dengan tema keamanan informasi dalam film pendek berdurasi 15 hingga 30 detik dalam struktur dramatis.
- Terkadang, kita bisa memakai contoh sehari-hari untuk menunjukkan bahaya keamanan digital. Hal ini membantu anak-anak paham bahwa menjaga keamanan siber adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya urusan orang lain.
Tiga buah video animasi kampanye penyuluhan, masing-masing berdurasi sekitar setengah menit, diadaptasi dari karya seni peraih penghargaan di tahun 2023.
https://www.youtube.com/playlist?list=PLi57U_f9scIIkctylzXT4fyxQdcJUORl8

transcosmos juga telah membuat stiker untuk meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber sebagai bagian dari kampanye kesadaran keamanan siber IPA. Hal ini bertujuan agar siswa dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas, terutama anak-anak usia sekolah awal, dapat memahami betapa pentingnya keamanan siber dan menumbuhkan minat mereka terhadap topik ini melalui stiker tersebut. IPA menyewakan stiker ini kepada berbagai organisasi di Jepang untuk digunakan dalam kegiatan dan acara terkait keamanan siber mereka, dimulai pada Agustus 2024.
- Menemukan cara untuk membantu anak-anak menemukan jawaban = stiker yang benar untuk teka-teki dengan menggabungkan teka-teki, manga atau komik, dan petunjuk.
- Menciptakan metode agar anak-anak dapat memahami keamanan informasi sambil bersenang-senang mengumpulkan berbagai stiker yang menarik.
- Menemukan metode untuk membantu anak-anak menggambarkan keadaan dan lingkungan tertentu dengan bahasa yang sederhana yang dapat dimengerti oleh anak-anak di usia sekolah, terutama yang masih di tingkat sekolah dasar, tanpa menggunakan istilah-istilah teknis.
Berpegang pada tujuan kami untuk meningkatkan dampak sosial sebagai perusahaan dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan melalui penyelesaian masalah sosial, kami, transcosmos, terlibat dalam berbagai kegiatan bisnis yang berarti untuk menjadi Sustainable Transformation (SX) Partner bagi semua pihak. Selain sebagai langkah untuk mendukung SDGs, juga sebagai bentuk penghargaan yang tulus kepada karyawan dan komunitas tempat mereka tinggal, transcosmos akan terus mendukung berbagai inisiatif yang diketuai oleh pemerintah daerah dengan memanfaatkan program sumbangan pajak kota asal Jepang yang dikenal sebagai furusato nozei.
■transcosmos SDGs inisiatif (https://www.trans-cosmos.co.jp/english/company/sustainability/sdgs.html)

Dipandu oleh prinsip dasar manajemen kami yang meyakini bahwa kepuasan pelanggan adalah inti dari nilai perusahaan kami dan bahwa perkembangan setiap karyawan kami memberikan kontribusi penting untuk masa depan kami, kami di transcosmos berkomitmen untuk mendukung pencapaian SDGs melalui kegiatan perusahaan yang beretika dan bisnis yang mengandalkan sumber daya manusia serta teknologi.
transcosmos mengakui pentingnya menganalisis dan memahami risiko dan peluang yang melekat dalam 17 SDGs dan strategi manajemen yang terkait dengan masing-masing tujuan ini dari perspektif pertumbuhan berkelanjutan kami. Untuk tujuan ini, kami telah membentuk Komite SDGs transcosmos, yang secara khusus dirancang untuk menyelaraskan sumber daya bisnis dan manajemen kami dengan inisiatif SDGs kami, menetapkan target, memprioritaskan isu-isu sosial yang sangat penting, dan mengonfirmasi kemajuan secara berkala. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan meresapi inisiatif SDGs kami, komite menjalankan berbagai kegiatan yang didorong oleh SDGs baik secara internal maupun eksternal termasuk kursus pelatihan SDGs untuk karyawan kami (e-learning), lokakarya internal dengan anggota terpilih dari setiap fungsi, dan banyak lagi.
Halaman terkait: https://www.trans-cosmos.co.jp/english/bpo/
https://www.trans-cosmos.co.jp/bpo/it-managed.html
Halaman terkait
* transcosmos adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari transcosmos inc. di Jepang dan negara lain.
* Nama perusahaan dan nama produk atau layanan lain yang digunakan di sini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari masing-masing perusahaan.
Tentang transcosmos inc.
transcosmos meluncurkan operasinya pada tahun 1966. Sejak saat itu, kami telah menggabungkan “sumber daya” yang unggul dengan “teknologi” terkini untuk meningkatkan kekuatan kompetitif klien kami dengan menyediakan layanan yang unggul dan berharga bagi mereka. transcosmos saat ini menawarkan layanan yang mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada ekspansi penjualan dan optimalisasi biaya melalui 182 kantor cabang kami di 35 negara/kawasan dengan fokus di Asia, sambil terus mengejar Keunggulan Operasional. Selain itu, mengikuti perkembangan pasar e-commerce dalam skala global, transcosmos menyediakan Layanan E-Commerce Global Satu Atap yang komprehensif untuk memberikan produk dan layanan terbaik klien kami kepada konsumen di 46 negara/kawasan di seluruh dunia. transcosmos bertujuan untuk menjadi “Mitra Transformasi Digital Global” dari klien kami, mendukung transformasi klien dengan memanfaatkan teknologi digital, dalam menanggapi lingkungan bisnis yang terus berubah. Kunjungi kami di sini https://www.trans-cosmos.co.jp/english/