transcosmos dan transcosmos online communications dengan ini mengumumkan bahwa kedua perusahaan telah membantu Oki Town, Prefektur Fukuoka, mendigitalkan kartu keanggotaan kota untuk layanan taksi bersama sesuai permintaan kota tersebut menggunakan akun resmi LINE pada tanggal 26 Juni 2025.
■Latar Belakang
Untuk menyediakan pilihan transportasi umum bagi warganya untuk berbelanja sehari-hari dan berobat ke rumah sakit, Oki Town berencana meluncurkan program uji coba untuk layanan taksi bersama berbasis reservasi, Oki NORIAI-GO (Oki shared taxi ride), yang memungkinkan pengguna terdaftar untuk bepergian di dalam kota dengan tarif yang terjangkau. Oki Town memperkenalkan fitur kartu keanggotaan digital KANAMETO untuk memudahkan warga mendaftar keanggotaan sekaligus menampilkan kartu keanggotaan mereka melalui akun resmi LINE Oki Town.
■Langkah-langkah untuk menampilkan kartu keanggotaan melalui akun resmi LINE Oki Town
Warga yang ingin menggunakan layanan ini perlu melakukan pra-pendaftaran untuk keanggotaan. Mereka hanya perlu mengikuti navigasi chatbot di akun resmi LINE Oki Town untuk mengisi formulir pendaftaran. Setelah memasukkan nama dan informasi kontak serta mengirimkan permohonan pendaftaran, mereka akan menerima pemberitahuan berisi nomor keanggotaan dan informasi lainnya di halaman ruang obrolan akun resmi LINE Oki Town pada hari berikutnya.
Untuk menampilkan kartu keanggotaan, pengguna cukup memilih dan mengetuk “NORIAI-GO” di layar menu lengkap, lalu menuju ke layar kartu keanggotaan. Pengguna hanya perlu memasukkan nomor keanggotaan dan tanggal lahir untuk menampilkan kartu di layar pada saat pertama kali, dan tidak perlu memasukkan data lagi pada kali berikutnya. Cukup dengan menunjukkan layar kartu keanggotaan kepada pengemudi, pengguna dapat menikmati layanan taksi bersama.
■Ciri khas dan manfaat
Kartu keanggotaan digital akan meningkatkan kenyamanan pengguna. Pengguna dapat dengan mudah menerima kartu keanggotaan mereka melalui akun resmi LINE Oki Town, dan mereka dapat menunjukkan kartu tersebut dan menikmati layanan hanya dengan smartphone.
Bagi pemerintah daerah, layanan ini membantu memangkas proses administrasi penerbitan kartu keanggotaan berbasis kertas. Layanan ini juga memungkinkan pemerintah daerah untuk mengubah dan mengedit data anggota yang terdaftar, seperti alamat pos dan nomor telepon di halaman admin KANAMETO, sehingga menyederhanakan operasional bisnis administrasi sehari-hari.
Karena banyak wilayah di Oki Town tidak memiliki akses transportasi umum, muncul permintaan akan pilihan transportasi lokal bagi mereka yang membutuhkan layanan tersebut. Dengan layanan kartu keanggotaan digital ini, warga dapat mendaftar keanggotaan dan menggunakan layanan taksi bersama kota melalui akun resmi LINE—aplikasi yang sudah mereka kenal. Pada akhirnya, layanan ini akan meningkatkan tingkat penggunaan.
■Langkah selanjutnya
Melalui penawaran KANAMETO, transcosmos dan transcosmos online communications akan mendorong digital transformation (DX) di komunitas lokal yang membantu meningkatkan kenyamanan bagi warga dan menyederhanakan proses bisnis administratif untuk pemerintah daerah.
* transcosmos adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari transcosmos inc. di Jepang dan negara lain.
* Nama perusahaan dan nama produk atau layanan lain yang digunakan di sini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari masing-masing perusahaan.
■Tentang KANAMETO
KANAMETO adalah alat Digital Transformation (DX) Pemerintah berbasis LINE yang dikembangkan dan ditawarkan oleh transcosmos online communications inc., sebuah perusahaan patungan antara transcosmos, LY Corporation, dan salesforce.com Co., Ltd. KANAMETO memberdayakan pemerintah untuk mendigitalkan berbagai layanan kependudukan, termasuk pesan terarah untuk mengirimkan informasi pra-registrasi kepada warga, chatbot tanya jawab terkait COVID-19, pengiriman informasi pencegahan bencana, pelaporan warga terkait masalah jalan dan taman, meja reservasi penerbitan kartu My Number, konsultasi perawatan anak berbasis chat, reservasi pengumpulan sampah berukuran besar, layanan pembayaran online, dan masih banyak lagi. Saat ini, lebih dari 250 pemerintah daerah menggunakan KANAMETO sebagai layanan berbayar untuk menyebarkan informasi publik, menyediakan layanan konseling melalui media sosial, dan sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi sini (tidak tersedia terjemahan): https://kanameto.me/
Tentang transcosmos online communications inc.
transcosmos online communications inc. didirikan pada Mei 2016 sebagai perusahaan perseroan terbatas antara transcosmos inc. dan LINE Corporation (sekarang LY Corporation). Pada Oktober 2017, perusahaan ini menerima investasi dari Salesforce Ventures, divisi investasi dari salesforce.com, Inc. Dengan memanfaatkan basis pengguna platform LINE dan kemampuan penjualan serta pengembangan transcosmos, bisnis ventura GovTech transcosmos online communications terus menyediakan berbagai solusi dan layanan yang membantu pemerintah membangun hubungan yang lebih baik dan kuat dengan warga mereka. Pada September 2017, transcosmos online communications meluncurkan KANAMETO, alat Government DX berbasis LINE yang dikembangkan secara eksklusif. Kunjungi kami di sini (tidak tersedia terjemahan): https://transcosmos-online.com/
Tentang transcosmos inc.
transcosmos meluncurkan operasinya pada tahun 1966. Sejak saat itu, kami telah menggabungkan “sumber daya” yang unggul dengan “teknologi” terkini untuk meningkatkan kekuatan kompetitif klien kami dengan menyediakan layanan yang unggul dan berharga bagi mereka. transcosmos saat ini menawarkan layanan yang mendukung proses bisnis klien dengan fokus pada ekspansi penjualan dan optimalisasi biaya melalui 185 kantor cabang kami di 36 negara/kawasan dengan fokus di Asia, sambil terus mengejar Keunggulan Operasional. Selain itu, mengikuti perkembangan pasar e-commerce dalam skala global, transcosmos menyediakan Layanan E-Commerce Global Satu Atap yang komprehensif untuk memberikan produk dan layanan terbaik klien kami kepada konsumen di 46 negara/kawasan di seluruh dunia. transcosmos bertujuan untuk menjadi “Mitra Transformasi Digital Global” dari klien kami, mendukung transformasi klien dengan memanfaatkan teknologi digital, dalam menanggapi lingkungan bisnis yang terus berubah. Kunjungi kami di sini https://www.trans-cosmos.co.jp/english/